Powered By Blogger

Jumat, 11 Maret 2011

WASPADAI PEMBELI ON LINE

Di era yang semakin canggih dan modern ini, tidak heran lagi bahwa dunia hanya sebatas genggaman kita dan bisa dilipat-lipat. Melakukan hubungan dengan orang lain hanya dengan sekali pencet, melakukan transaksi dengan orang lain hanya melihat gambar dari barang yang diperjual belikan dan membaca tata cara pemesanannya, lalu tinggal ke ATM dan barang sudah bisa kita nikmati. Dan segala macam cara yang lainnya. Dan kecanggihan itu ternyata banyak dampaknya. Positif dan negatif. Namun, berhati-hatilah jika anda melakukan transaksi melalui dunia maya. Banyak dari kita yang tidak tahu dan tertipu dari transaksi dalam dunia maya tersebut. Disini, saya hanya ingin sekedar berbagi tips melakukan jual beli secara on line.
1.Pilihlah forum jual beli yang terpercaya, misalnya kaskus.com. Karena siapapun yang memiliki akun disini harus melampirkan persyaratan-persyaratan yang lumayan mengikat. Jadi tidak hanya sekedar membuat akun. Jika di Facebook maka telitilah lebih lanjut lagi seperti hal dibawah ini.
2.Telitilah orang-orang yang membeli dilapak dunia maya tersebut. Apakah banyak yang membeli, ataukah hanya sekedar teman-temannya yang ikut melakukan promosi, ataukah malah sepi sekali tidak ada yang berminat dari barang jualannya (bukan karena barangnya yang kualitasnya tidak bagus atau harganya yang terlalu mahal). Disana pastilah terlihat jika memang pelayanannya bagus dan barangnya juga sesuai dengan kebanyakan konsumen, pasti konsumen mereka menuliskan sesuatu yang “recomended”. Seperti, ungkapan terimakasih karena barang kirim tepat waktu, barang sesuai pesanan, barang kualitasnya bagus, ataupun barangnya dikirim dengan bungkus yang rapi.
3.Jika memang anda ingin tanya-tanya terlebih dahulu, jangan langsung melalui no yang tercantum pada lapak/toko on line tersebut. Tanyalah dahulu melalui komentar pada lapaknya.
4.Jika anda serius melakukan pembelian, maka barulah menghubungi no yan tercantum pada lapaknya.
5.Sebelum benar-benar deal untuk bertransaksi, periksalah terlebih dahulu barang yang akan anda beli. Baik dari gambarnya ataupun dari informasi yang diberikan oleh penjualnya. Telitilah sebelum membeli.
6.Setelah deal untuk bertransaksi, jika anda bertransaksi dengan nominal lebih dari 2 juta rupiah. Maka, lakukanlah kesepakatan antara anda dan penjual sebelum anda mentransfer uang.
Jika si penjual meminta 100% pelunasan harga barang, tinggalkanlah transaksi tersebut. Namun, jika penjual memaksa anda, mintalah bukti agar anda bisa yakin bahwa penjual tersebut benar-benar melakukan transaksi yang baik. Misalnya, minta alamat jelas dan lengkap dari lapak tersebut. Atau minta nomor KTP dari si penjual.
Jika si penjual hanya meminta anda mengirimkan 50% dari harga barang, maka lanjutkanlah transakasi tersebut.
7.Setelah mentransfer uang yang telah disepakati seperti diatas dan terpercaya, sgeralah minta nomor resi pengiriman barang anda supaya anda bisa langsung mengecheck keberadaan barang anda.
8.Setelah barang sampai, periksalah barang tersebut. Apakah sesuai dengan pesanan anda atau tidak. Jika tidak sesuai, kirim barang kembali ke alamat lapak tersebut dan jangan lakukan pelunasan barang terlebih dahulu.
9.Setelah barang anda retur dan terkirim kembali ke anda, periksalah kembali. Jika barang sesuai dengan pesanan, lakukan pelunasan barang tersebut.
10.Berlakulah jujur dalam bertransaksi. Tips ini berlaku bagi mereka yang benar-benar ingin bertransaksi secara baik. Jika si pembeli tidak jujur, maka jangan mengikuti tips di atas.


Semoga, dari tips diatas dapat memberikan pengetahuan bagi anda yang ingin membeli barang secara online. Terimakasih, semoga memberi manfaat.