Powered By Blogger

Rabu, 28 Desember 2011

PROSES, MENJADIKAN LEBIH BERHARGA


      Pagi tadi, saya sedang membantu ibu memasak sebuah masakan favorit keluarga kami. Ibu meracik bumbu dan saya yang menyiapkan bahan-bahannya. Proses pengadaan bahan tidak memakan waktu yang cukup lama. Namun, bahan dasarnya harus diiris sedemikian rupa sehingga sempurna dalam proses pematangannya. Sayuran yang ukurannya besar tentu harus dikupas dahulu sebelum diiris. Begitu juga cabai yang kecil juga melalui proses yang panjang untuk menjadi bumbu yang lezat, tentunya barengan dengan teman-temannya yang memiliki kekhasan tersendiri tentang rasa.
     Untuk menjadi sebuah masakan yang sempurna menurut ibu saya, saya dan keluarga saya. Tentunya bahan dasar dan bumbu-bumbu itu akan mengalami peracikan, pengrisan, pengulekan, serta pemanasan. Yang pada akhirnya nanti masakan tersebut dapat kami santab dengan enak.
     Memasak inilah yang saya maksud dengan proses disini. Bukan hanya proses satu  bahan, tetapi bahan yang lain juga. Banyak jenis bahan yang berbeda rasa, berbeda tingkat kekerasan, dan berbeda kandungan gizi. Perbedaan itulah yang disini saya analogikan sebagai diri kita, teman kita si A, dan atau saudara kita si C. kita bekerjasama dengan banyak orang dalam kehidupan kita untuk menghasilkan keharmonisan bekerja ataupun dalam kehidupan sosial yang lain. Komposisi pemotongan yang kita perlukan ketika kita berhubungan dengan satu orang tentunya berbeda perlakuan dengan orang lainnya. Proses pengupasan tentang berperilaku, bertutur kata, ataupun hal lain perlu diperhatian secara seksama untuk menuju keharmonisan. Setelah pengupasan dan ppencampuran bahan itu telah sesuai dengan komposisi, tentunya ada proses pemanasan untuk membuat bahan-bahan tersebut siap untuk disajikan. Pemanasan tersebut berupa permasalahan yang kita hadapi dalam kerjasama kita dengan orang lain yang tentunya memiliki karakter yang berbeda dengan kita. Jika dalam proses pemanasan tersebut kita berhasil melewati, maka kita akan mencapai keharmonisan dalam hubungan kita dengan orang lain. Dan tentunya hal tersebut membuat kehidupan sosial kita menjadi lebih baik, begitu juga jika hal ini kita lihat dalam kerjasama ditempat kerja kita. Harmonis dimanapun, akan membuat kehidupan kita lebih berarti dihadapan orang lain. Proses itu sangatlah penting dalam kehidupan kita.

Jadi, marilah mulai dari sekrang kita menghargai proses kehidupan kita sebagai sesuatu ang menyenangkanuntuk kemudian kita ambil hikmah yang tersirat dibaliknya.

Proses itu, sarat akan hikmah. Kuaklah....

Tidak ada komentar: